-->
Dikira Abis Mantap-Mantap
Gambar Bootstrap 3
Tatangga
New
Sebentar lagi kita bakal menyambut bulan Ramadhan lagi, tapi kayaknya bulan Ramadahan yang akan datang bakal terasa berbeda. akibat dari belum hilangnya virus Corona, membuat ramadhan tahun ini bakal menjadi Ramadhan yang sunyi. Bayangin kita gak boleh terawih di mesjid, harus dirumah, malam takbiran gak bakal ada, anak-anak kampang yang bangunin sahur pake speaker segede gaban muterin lagu dj mamah muda gak bakal ada. Udah bisa dibayangin, sunyi banget pasti. Mari kita berdoa, semoga wabah kampret ini segera berakhir dan aku bisa pergi kamping ke pantai.

Ngomongin soal Ramadhan, pasti identik dengan sahur, karna dizaman dulu jam weker sangat mahal untuk dibeli (aku kayaknya gatau juga) jadi orang di kampung-kampung terutama anak-anaknya bakal rajin setiap pagi buta bergerombol berjalan membawa gentongan, berteriak sekencang mungkin. 'SAHOOOOOR!! SAHOOOOORRR!!'

Kegiatan ini di sambut hangat oleh warga kampung dan dijadikan tradisi sampai sekarang. 

Ada yang menarik tentang bangunin orang sahur saat aku diajak untuk ikut.

Saat itu aku kelas 6 SD. Seperti anak pada umumnya selepas sholat magrib, aku dan ke empat temanku Fadel, Ica, Amat, dan Madan bakal pergi ke samping sungai belakang kampung buat nyalain petasan, bukan petasan mahal, cuma yang seribuan, tapi memiliki daya ledak yang lumayan. Kami gak perang petasan ke kampung sebelah kayak di buku Koala Kumal, kami cuma anak kampung yang cinta damai, dan nyalain petasan dilemparin ke sungai supaya suaranya nggak ganggu banget. kami anak baik banget waktu itu.

'eh kita besok bangunin orang sahur yok' Ajak Amat. 'serius? emang dibolehin mama papa mu?' jawabku agak meragukan. 'aku sih boleh, gatau mereka ini'.

Setelah itu aku dan Amat pergi mendekati Fadel, Ica, dan Madan yang lagi asik nyalain petasan di pinggir sungai. 'heyy kalian besok mau ikut bangunin sahur!!?' teriak Amat antusias. Mendengar teriakan barusan membuat mereka bertiga kaget lalu melirik ke kami 'ngapain teriak kalo cuma jarak 1 meter bego!' Madan kesal lantas melemparkan petasan menyala yang ada ditanganya kearah kaki kami. "DWARR".

'BONGOL!'

Setelah kejadian barusan, kami berlima ngumpul membentuk lingkaran, merencakan sesuatu. 'jadi kalian mau ikut kami gak besok bangunin sahur' Tanya Amat serius. 'boleh aja sih, asal mereka berdua ini ikut juga' kata Ica setuju, berusaha membuat Fadel dan Madan ikut. 'jadi kalian ikut juga kan?'

'okee' kata mereka berdua. 'nah jadi kita bakal bangunin sahur jam 3 pagi. aku sama Andry bakal kerumah kalian sambil teriak. kalo denger teriakan kami, kalian keluar ya. kalo udah ngumpul semua baru kita keliling' jelas Amat dengan mantap, disusul dengan anggukan antusias menandakan setuju dengan rencana tersebut.

Sesampainya di rumah aku cerita sama mama. 'maa besok pagi bangunin jam 2 yaaa... aku mau bangunin orang sahur sama temen-temen. gak bakal lama kok' pintaku berusaha meyakinkan mama. 'tumben, emang mau keliling kemana? jauh gak?, kalo ada penjahat gimana?' mama khwatir. 'nggak ma, deket aja, cuma sekitaran sini kok, paling kalo udah mentok samping PLN kami bakal balik. nggak dijalan raya, gamungkin ada orang jahat' jawabku dengan yakin. 'okedeh, awas aja besok susah dibangunin'

'sipp maa'

Jam sudah menunjukkan pukul 2:20 pagi saat aku cuma seorang diri berjalan menuju rumah Amat. aku teriak sekencang mungkin 'maaat!! maattt!! woy maatt!!' tapi gak ada jawapan. 10 menit aku teriak tanpa ada tanda kehidupan. aku memutuskan pergi kerumah Ica. karna lebih deket dari rumah Fadel dan Madan. Sesampainya aku dirumah Ica, setelah berteriak sekali, pintu rumahnya langsung terbuka. Ica disana sudah rapi, siap untuk pergi.

'mana Amat?' tanya Ica heran. 'gatau, aku udah teriak di depan rumahnya, tapi gak ada jawapan' aku menjelaskan. 'yaudah, ayo kita kerumahnya Fadel dulu'.

'okee'

Fadel beralasan kalo dia nggak bisa ikut karna di marahin mamanya, Madan pun sama. Sampai akhirnya Aku dan Ica memutuskan buat kerumahnya Amat lagi, berteriak lagi berharap dia bangun. Ini rencana dia. tanpa dia, kami berdua ngapain?.

Hampir 20 menit kami teriak teriak di depan rumahnya Amat, kayak orang gila. Capek. Ica pun akhirnya menyerah 'kayaknya aku pulang aja deh, Amat gak bangun-bangun' keluh Ica pasrah. 'iya aku juga capek, kayaknya gabakal jadi' timpalku. Kami pun memutuskan buat pulang.

Aku sengaja nganterin Ica dulu ke kerumahnya. padahal jalan menuju rumah Ica dari rumah Amat ngelewatin rumahku, gila kali ngebiarin cewek jalan di kegelapan jam 3 pagi sendirian.

Seperti yang kami lakukan buat menuju kerumah mereka bertiga, kami lari sepanjang jalan. Saat asik lari, kami berpapasan sama Dayat yang lagi make motor. Dia remaja di kampung ini, entah apa yang dia lakukan, naik motor jam 3 pagi. sambil mengendarai motor Dayat teriak 'kalian ngapain berdua tengah malem begini??' karna Aku dan Ica lagi lari, kami pun mengabaikan pertanyaan Dayat dan tetap berlari sampai ke rumahnya Ica. Wajah Ica terlihat kecewa. Akupun juga begitu. Diantara kami ber 5, aku cuma nggak terlalu akrab sama Ica, jadi kami gak banyak ngobrol. Setelah dadah-dadahan, akupun pulang. Berjalan sendiri. Sampai di rumah dengan selamat.

Saat sahur aku enggak henti-hentinya mengeluhkan kekecewaan terhadap Amat, Fadel, dan Madan sama mama papa. 'apaan jadi orang gak tepat janji!' ucapku kesal. mama dan papa cuma ngetawain.

Besoknya, Amat dengan entengnya bilang 'maap, ketiduran aku' santai banget. kayak gak ada rasa bersalah. Aku dan Ica cuma ngusep dada sabar. Untung kami berdua nggak ngambekan.

Kalau membuat rencana, apalagi melibatkan banyak orang, usahakan lah buat mewujudkan tersebut. Pikirkan baik-baik apa kamu bisa ngelaksanain atau tidak, jangan asal bikin rencana terus menyepelekan. Egois banget. Dan juga, saat menyetujui rencana yang dibuat orang, usahakan juga seperti yang aku dan Ica lakuin. jangan nggak bertanggung jawab, seenaknya membatalkan sebelah pihak seperti Fadel dan Madan. Setidaknya kalau tidak bisa ikut, katakan sejak awal.

Setelah beberapa tahun, saat aku teringat kejadian itu, kok agak aneh ya, dua orang anak cowo cewe, berduaan jam 2 pagi keluyuran di tengah jalan gelap gulita. kupikir, Dayat pasti mengira kami habis ngelakuin hal yang haram. Aku pun nggak kepikiran, kenapa kami gak mantap-mantap aja yak. *slebew. Becanda kaka... :(



Dikira Abis Mantap-Mantap
Rencana Gagal

BERIKUTNYA
« Prev Post
SEBELUMNYA
Next Post »

Subscribe Our Newsletter

Curhatan Lainnya

Dicinih komennya
Ditunggu lohh

23 Cacian untuk "Dikira Abis Mantap-Mantap"

  1. Haahahaha.. yahh dlu pas masih kwecil gue juga gtu... sering ikut keliling ngebangunin sahuurr keliling.. smpe pernah sangking rajinnya tanpa sadar keluar jam 1 malem manggilin temen2 gue.. haha. Btw templatenya bagus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah masa kecilmu meriah :') hehe makasih kaka

      Hapus
  2. Kalo jmn sy msh bocah tu tiap habis saur pasti jalan kaki rame" brg temen.. Teriak panggil"supaya jadi pergi, trus kadang suka liatin orang mainin jeduman alias meriam bambu, sekarang mah udah jarang yaa... Iya nih puasa thn ini bakalan masuk rekor muri menjadi puasa tersepi kayaknya 😐

    BalasHapus
    Balasan
    1. ih jadi nostalgia. iya anak sekarang jarang ngelakuin hal kaya begituan, gara gara jaman gatget gini. mabar mulu

      Hapus
  3. Mariiii .. kita semua ikut berdoa agar virus kampret mematikan itu segera menyingkir 😷✌️

    Asik tuh kalo ada cewek ikutan ngebangunin sahur, biar rame gituu 😁
    Jarang loh ada cewek kayak gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaamiiin.

      iya, soalnya kan masih kecil, dan di desa sini mah kekeluargaannya erat. orang tua pada akrab, ya ga takut ngelepas anaknya maen

      Hapus
  4. Wah, hebat kamu. Pas masih SD sudah bisa bangun jam 2 buat bangunin orang sahur. Walaupun akhirnya acaranya gagal. Hehehe. Ngomong-ngomong kesel juga sih aku kalau ada temen kyk gitu. Udah janji malah gak ditepati. Huh.

    Kalau aku dulu sih sampai SMA pun gak bisa bangun sahur lebih awal. Bangun-bangun cuma beberapa menit sebelum imsak. Jadi sahur cuma bisa minum kopi doang. Hehehe.😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku dibangunin mama mbak, mama cerewet banget kalo bangunin sahur. makanya satu rumah bisa sahur semua. Kalo mama kesiangan. Seisi rumah gaada yang sahur 🤣

      Hapus
  5. wkwkwk aku buka blog ini kayak buka cerita hidupku yg telah lampau. Hampir semua ceritanya mirip sama kisah hidupku. Saya juga pernah nulis blog diary di pocongjantans.blogspot.com tapi jangan dibuka ya! Kesian kuotanya, mending buat nonton yutup aja :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah masa mas. Kayaknya kita satu tubuh deh. Oke akan aku buka

      Hapus
  6. Di kampung ku juga masih ada tradisi seperti itu, bangunin orang saat sahur, tapi sepertinya memang akan gagal tahun ini gara gara Corona.

    Oh, jadi itu sebabnya mantap mantap jadi judul. Tapi ngomong ngomong mantap mantap itu apa sih? 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap mantal adalah seperti cerita yang ada di blognya mas satria 🤣

      Hapus
  7. Main petasannya jadi anak baik banget, wekekek,....tapi apa ikannya nda kaget ?hahhaha

    Lah waktu esde mana mikir ke arah mantap mantap yak, wakakka, kocak deh, setelah dipikirin pas gede baru lah kebayang seandainya dan seandainya
    Untunglah waktu itu kalian masih polos ya, walaupun mnuju puber

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah iya yah, ikannya malah kaget, duh berarti bukan anak baik nih ngagetin ikan

      iya the real polos kan yang kayak begitu. sekarang baru tau

      Hapus
  8. hehehe masa-masa yang dirindukan, sepertinya nggak akan terjadi di Ramadan ini, tapi meskipun demikian nggak boleh patah semangat ya, semoga pandemik ini segera berlalu, aamiin.
    Anak saya juga kangen pengen tarawih di masjid, setiap hari dia nanya, kapan bisa sholat di masjid

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyahh rindu banget, makanya diceritain supaya bisa mengenang.

      aamiiin semoga corona kampret ini cepat selesai kalo bisa langsung musnah aja tu virus. biar anak ibu bisa sholat jamaah ke mesjid lagi iyey

      Hapus
  9. Iya bener, ramadhan tahun ini bakal sunyi. Hanya bermeriahan di dalam rumah masing-masing. Hanya saling bangun se-atap rumah saja, takkan ada lagi orang-orang yang berkeliling berteriak 'SAHOORR' :"(

    Itu ngapain pula berdua, cowok-cewek larian dini hari wkwk

    Duh yah, padahal dah semangat bangun tapi temen-temen pada gak dibolehin sabar yah kak. Cerita bagus nih, ringan dan asik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah. apalagi yang dirumah sendiri. udah sepi tambah sepi dong uhuu

      hehe iya tuh temen kampret. herannya waktu itu sebal. padahal kan berduaan ma cewe loh wkwk

      Hapus
  10. hahaha untung waktu itu masih kecil dan polos :D
    ramadhan taun ini bakalan beda, sepi sepian aja, semoga cepat berlalu. Libur cuti bersama hari raya juga diundur ke bulan desember

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya syukur banget, jadi dijaga dalam keadaan suci ehe.

      wah gitu ya, akhir tahun malah libur cuti idul fitri. rada gimana gitu ya wwkwk

      Hapus
  11. untung ngga diarak warga keliling kampung wkwk..

    semoga aja wabah corona cepat selesai yaa..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah. untung ajaaa..

      aamiiin mas

      Hapus
  12. Mantap2 itu kayak gmn yah... gak ngerti soale saya belum akil baligh

    BalasHapus

Kalo kamu liat tulisan ini, berarti ada hasrat mau mengomentari postingannya ya, jujur komentarmu sangat berarti buat hati aku loh. ihiw

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel