-->
Harus Bersukur ya
Gambar Bootstrap 3
Tatangga
New
'Naa! habis ini bantuin aku nyari sepeda yaa' pintaku saat lagi berjalan berdua bersama Nana menuju sebuah karnaval yang diselenggarakan tukang obat terkaya di kota ini.

'iyaa tapi kamu bantuin aku juga nyari belanjaan buat aku bawa pulang ya' Nana balas minta tolong.

'sip' kubilang

Senang gembira aku membantu Nana, mulai dari milihin barang apa yang pantas buat dibeli, bahkan membawakan 2 kotak pizza yang dia beli tanpa ada rasa mau ngasih sedikit ke aku, padahal aku pengen banget. 

'makasih ya ndry' ungkap Nana dibarengi senyum manisnya. 'iya' kubilang, seneng banget tau bisa bantuin Nana disaat seperti ini

Setelah beberapa saat akhirnya tangan kami berdua penuh dengan barang belanjaan nya Nana. Disaat aku lagi melihat lihat kios yang menjual boneka, Nana yang ada disampingku menghilang, dan barang belanjaan yang ada di tanganku pun tiba tiba memudar. 

Lalu dari arah depan jalan Nana muncul dengan menggunakan sepeda, kami berpapasan, dia hanya melemparkan senyum ke arahku, dengan belanjaan yang tadi kita bawa. Dia meninggalkanku.

Aku hanya mematung kebingunan. 'bukannya tadi dia mau bantuin aku nyari sepeda juga?' dan sekarang aku sendirian ditengah jalan yang sepi, tidak menemukan sepeda yang aku cari. aku hanya berjalan lurus, sampai aku menemukan pos penjaga yang lagi merazia pejalana kaki. 

'hey. kamu kenapa? darimana?' tanya mba mba yang berpakaiian seperti polisi tukang tilang, dia menanyaiku sambil memandang aneh karna sekarang aku nggak pake baju. 'ngga papa mbak, aku lagi nyari sepeda' aku berusaha memberi penjelasan. 'loh emang sepedamu ada dimana?' tanya mba nya lagi. 'nggak tau' ungapku dengan lirih. tiba tiba mbanya menggegam tanganku, sambil menemani berjalan. kami berjalan bersama.. dari kejauhan terdenyar sayup sayup suara angin. 'ndryyy... bangunn dryyy! dah jam 5, sholat subuhh!!' 

Akupun terbangun. suasana ruang tamu yang gelap, dan mama sudah pergi, mengerjakan hal lain. oh tadi itu mimpi.

Aku emang tidur di ruang tamu kalo lagi di kampung halaman, soalnya aku nggak punya kamar, karna rumah emang jarang ada tamu, jadinya ruangan ini dikasih tempat tidur tipis. dan itu sangat nyaman.

Seperti biasa, bangun tidur aku jalan sempoyongan ke kamar mandi, buang air yang sudah ditampung semalaman, dan dilanjutkan dengan beribadah.

Nggak ada akhlaknya bukan disaat sudah panjang lebar bercerita, tapi tidak saling mengenal. 

Kenalin, namaku Andry, aku anak pertama dari 3 bersaudara. Aku lahir dikeluarga yang semuanya berdagang, mama aku berdagang, paman aku berdagang, paman aku yang lain juga berdagang. kakek aku dulu juga waktu muda kerjanya dagang. didukung dengan perawakan aku yang mempunyai badan putih dan mata yang sipit. fix Cina banget.

Di ruang makan saat sarapan mama nyeletuk 'ndry nanti buka toko duluan ya, mama mau nyuci nih, banyak kerjaan dirumah, nanti mama susul kok'.

Aku mangguk memeberikan jawapan iya, lalu melanjutkan menghabiskan sarapan.

Udah dari kecil aku sudah diajarin jaga toko. menghapal semua harga, memberikan kembalian yang benar. Yang namanya anak kecil, aku ya ogah ogahan. Aku dulu jaga toko sambil manyun, bikin muka gak enak banget kepada pembeli. Sering mama bilang 'jangan gitu, nanti nggak ada yang beli. nggak ada uang, kamu mau jajan dari mana?' tapi kan yang namanya anak kecil, bodo amat.

Pernah sekali waktu aku lagi main game Point Blank, game online dan yang pastinya nggak bisa di pause. Tiba-Tiba ada orang yang manggil 'beeliiiii!! beliii!!!' aku marah banget, karna kalo ditinggalin lama, gamenya bakal keluar sendiri, aku nggak dapet poin. Dengan muka yang super masam aku melayani pembeli itu. Kayaknya dia bakal mengalami traumatik mendalam kalo mau belanja di toko pinggir jalan. Makanya jangan jajan saat aku main Point Blank.

Sehabis sarapan aku terus mandi. Berdandan seganteng mungkin. 

'maa uang buat kembalian dimana?' tanyaku pada mama yang lagi nyuci piring. 'itu di kamar, diatas kipas angin' jawabnya

Aku langsung menuju kamar, ngambil uang buat kembalian, ambil hape buat jualan pulsa, tidak lupa juga kunci toko. Kalo nggak ada kunci toko, pergi ke toko ngapain? ngegodain tetangga? hahaha komedi.

Saat keluar dari rumah, ada tetangga yang lagi nyapu. Dia cewek seumuranku yang juga tinggal dengan kedua orang tuanya. Padahal kami tetangga, saling menyapa pun belum pernah. Berinteraksi juga saat dia belanja di toko, gitu doang. Karna aku tidak terlalu peduli, aku melanjutkan kakiku berjalan menuju toko tercinta.

Toko aku terletak tidak jauh dari rumah tempat kami tinggal. cuma 25 meter kira kira. Jalan kaki pun nggak bikin capek. Setelah berjalan 3 menit, muncul sebuah bangunan yang lumayan besar, memiliki 4 pintu Rolling, di depan halaman disebelah kiri terdapat taman bunga berukuran 3x4 meter. iya itu toko aku.


Harus bersyukur, cerpen syukur
Toko Tercinta


Tempat toko aku berada sangat strategis. Berada tepat di pinggir jalan raya, dan persis berseberangan dengan Pertamina. jadi orang mudik kalo lewat jalan sini, saat ngisi bahan bakar mesin motor, pasti kepikiran buat jajan di seberang. 'hadeuh capek banget abis jalan 2 jam, untung nemu pom bensin, jadi nggak kehabisan dijalan. eh apaan tuh ada toko bagus banget. kesana ah beli susu beruang. kali aja penjualnya cakep' kira kira begitulah.

Karna sudah terbiasa, aku sudah hafal semua kunci yang banyak ini buat pintu yang mana saja. Sehabis membuka semua pintu Rolling yang sering keset, dilanjutkan dengan menaruh keranjang tempat jajanan Taro di samping pintu. Setelah rampung buka tokonya, aku teruskan dengan melihat jualan yang udah habis ditempatnya, buat di isi kembali. Biasanya minuman dingin yang ada dikulkas. 

Sembari menyusun minuman dingin, aku puterin dari hape lagunya Fiersa Besari yang berjudul 'Juara Kedua' biar naroh minuman dibarengi perasaan patah hati.

Setelah semuanya beres dan aku nggak ada kerjaan lagi selain duduk di depan kasir. Barulah aku main laptop dan menulis cerita ini. Aku sengaja nggak main game, dan melakukan hal yang nggak bisa diganggu, jaga toko harus profesional. Dan lagian aku kalo udah fokus sama sesuatu, kalo diganggu, bakal marah. Walau nggak ngatain gblk!. Aku dendam.

Muncul suara motor, memarkir. Pembeli pertama hari ini. 

'bang rokok dong, satu' pinta pembeli tersebut

'rokok apa?' kutanya kembali memastikan. 'sampoerna hijau isi 16' jelasnya. 

Aku segera mengambilkan pesanan pembeli tersebut, dan dia memberikan uang 100 ribu. 'kampret' dalam benakku. baru juga pagi, udah dapet uang gede aja. Untungnya mama selalu siap siaga buat menyiapkan kembalian. Pernah dulu pembeli pertama seperti ini, anak ingusan, beli aqua dingin limaratusan, ngasih uang nya 50ribu. dan uang kembalian abis. mampus.

Tapi aku melayaninya dengan ramah aja, dengan senyum yang biasa aku lempar ke orang sembarangan. Udah enak nyari uang kaya begini pikirku. Orang yang datang kepada kita ngasih uang, bukan kita yang berlari mengejar orang buat dikasih uang. 

Sambil duduk merenung di depan meja kasir aku teringat, kenapa aku dulu jaga toko sering marah marah, bermuka masam dan merangut. Kalo bisa kembali kemasa lalu dan menemui diriku yang ada disana. Mau aku tampar aja. Jadi anak nggak bersyukur banget.

Terkadang aku juga merasa capek jaga toko begini, selain capek buat ngurusin barang jualan. Juga ketemu sama manusia-manusia random. Ada yang baik, ada yang ngeselin banget, ada yang ngeselin pake banget dan cantik. ehe. Sering aku mengeluh kalo mau rebahan aja, mau santai seharian tanpa diganggu dan melayani orang orang tersebut. Tapi belakangan ini aku sadar, cari uang itu susah banget, gimana mau menghasilkan uang kalo punya kepandaian saja tidak. Dan mama sudah sedari dulu menjaga toko ini, disaat aku sekolah, disaat aku kuliah. mama yang selama ini kecapean mencarikan uang untuk aku bisa jajan, tidak pernah mengeluh. 'kalo bukan dari toko ini, kita mau makan dari mana lagi?' kata-kata yang sering mama ucapkan agar aku lebih bersemangat lagi.

Setelah beberapa saat aku ngelamun, di depan terdengar suara motor yang sangat aku kenal. Mama datang dengan senyumnya yang indah, menghampiri sambil bertanya 'udah dapet berapa duit?' lalu kubalas 'baru 23ribu. tadi orang beli rokok'.
BERIKUTNYA
« Prev Post
SEBELUMNYA
Next Post »

Subscribe Our Newsletter

Curhatan Lainnya

Dicinih komennya
Ditunggu lohh

12 Cacian untuk "Harus Bersukur ya"

  1. Ku kira tadi dari awal baca kayak cerpen ya, tpi apakah ini emang pengalaman pribadi ya?emang betul banget kita tuh kudu banyak bersyukur, masih lebih mending ketimbang orang yg ada dibawah kita yang hidupnya lebih susah, walopun kita tetep berjuang terus bersama mamah tercinta, 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang cerpen kok ini, tapi ada pengalaman pribadinya juga. Kisah nyata 80% ditambahin nya 20%

      Hapus
    2. Pantesan.... Gape juga ya bikin cerpen. berdasar kisah peribadi.. Sya ga bisa malahan

      Hapus
    3. Ini aja kata temen masih kayak baca karya ilmiah. Terlalu kaku. Nanti lama kelamaan kayaknya bagus 🤣

      Hapus
  2. wkwk kirain bacaan cerpen gak tahu diary orang yak, kebiasaan yang beli aqua dengan uang 100 itu cuma buat nukar duit aja kayaknya, soalnya aku sering begitu hoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe diary rasa cerpen. iya emang, ngeselin banget. kalo siang sih gapapa. ini sukanya pagi baru aja buka

      Hapus
  3. Saya kira ini kisah hidup si kakak :3

    Pas baca komen yang di atas, eh cerpen yak? Padahal udah serius banget bacanya, keren dah keluarga Andry pedagang semua. Rata-rata keknya orang berkulit putih mata sipit (read:cina) emang udah dididik untuk menjadi pedagang yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu emang kisah hidup :( cuma penyampaian nya aja kaya cerpen kakaa

      Hapus
  4. betul banget sih, yang namanya cari duit memang susah, harusnya bersukur mas ada kerjaan meski dagang bantu orang tua :D

    BalasHapus
  5. Sempet bingung ini kolom komentar letaknya di mana, ternyata disuruh klik caci-maki.

    Emang masih ramai ya game Point Blank? Kayaknya itu udah sepuluh tahun lalu pas teman-teman gue pada getol main begituan.

    Gue enggak kaget lagi sih sama pembeli yang belanja dengan nominal besar. Mereka biasanya beli sesuatu yang murah cuma buat tukar jadi receh kan. Tapi kalau pagi-pagi emang nyebelin. Terpaksa deh harus menyiapkan duit kembalian sekitar 200 ribu. Itu aja kadang masih keteteran kalau pembeli yang hobi belanja pakai duit gedenya bisa belasan lebih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ampun bikin bingung ya. kayaknya harus di tambahin tulisan 'klik disini' deh.

      nggak itu maksudnya waktu lagi rame ramenya main point blank. kan aku udah lama jaga toko dari sd wkwkw

      aku juga nyadarnya begitu sih. tapi kan pagi. ga nyadar apa orang belum ada banyak yang beli :(

      Hapus

Kalo kamu liat tulisan ini, berarti ada hasrat mau mengomentari postingannya ya, jujur komentarmu sangat berarti buat hati aku loh. ihiw

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel