-->
Aku Pas Ngedit Template Blog Tatangga
Gambar Bootstrap 3
Tatangga
New
cara mudah ngedit template

Kayaknya satu minggu atau lebih sudah aku ngedit tampilan blog ini. dari yang awalnya sudah bagus. aku bagusin lagi. sesuai selera aku lah. 

Dosen aku pernah nanya 'blog yang isinya curhat (dibaca:blog personal) kaya gitu kenapa harus dibikin bagus sih tampilannya, yang baca juga gak ada'

Kenapa? karna untuk menarik perhatian seperti layaknya manusia. Penampilan menjadi nomor 1. Lagian yang aku lakuin cuma menyederhanakan doang kok. Biar curhatan aku yang kadang panjang banget tulisnya, enak dibaca. intinya aku mau orang betah menetap di blog ini berhari hari. kalo bisa nggak di tutup tutup tuh browser wkwkw.

Sebenarnya aku udah keranjingan ngedit template udah dari dulu. waktu itu tampilan blog sangat di sembah. sampai ada lomba desain tampilan/template. daftarnya link blog sama nama doang. dan rewardnya cuma masuk postingan di blog yang ngadain lomba sebagai blog yang paling kece punya. sungguh pengalaman ngeblog yang sangat menyenangkan dan bikin kangen banget. sekarang beda. di grub semua membahas tentang adsense. ya ngikutin zaman lah, orang sekarang tampilan ga harus bagus yang penting bisa menghasilkan duit.

Sayangnya diriku sangat tidak berilmu tentang HTML karna ngedit tampilannya blog harus lewat situ. aku dulu cuma download template bikinan orang, terus aku pasang deh di blog aku. satu minggu bisa ganti beberapa kali. liat orang ngeshare template bagusan dikit. download. pasang. soalnya nggak mikirin pengunjung, yang penting tampilan blog keren dan bisa pamer di grub udah gitu aja wkwkkw. 

Pengen banget bikin dari NOL, tapi apa daya, pengetahuan css, html, javascript masih berada di bawah batas rata rata. alias nggak ngerti sama sekali wkwk. eh nggak deng, css tau lah sedikit.

Aku rela beli Template Premium Igniplex buat bisa mempelajari apa sih kode yang bikin tampilannya bisa begitu keren. ya gapapa lah, mengeluarkan uang buat dapat ilmu itu sepadan.

Pembuka yang sangat curhat sekali bukan. kan inti dari postingan ini cuma ngasih tau buat gimana sih cara mudah ngedit template seperti waktu aku ngedit template blog Tatangga. BTW aku lupa awal mula download template nya dimana wkwk maap ya, makasih sudah ngeshare template ini. aku doain kamu masuk surga wkwk. Nah tampilan blog Tatangga tuh sebelumnya 

Kayak Gini

cara mudah ngedit template
Sebelum di Redesign

Sekarang

cara mudah ngedit template
Sesudah di Redesign


Aku pas ngedit template ini cuma berbekal sedikit ilmu css, dan yang berperan sangat penting ialah 

Inspect Element

Sengaja aku tulis gede gede karna sumpah, ini fitur browser Chrome yang powerfull banget (aku ngeditnya lewat Chrome ya, di pc. browser lain juga punya fitur kaya gini). daripada cuma dijadikan buat ngeprank orang, lebih baik dibergunakan buat ngedit template kan. ngedit template jadi sangat mudah banget karna bisa liat perubahan yang sudah kita buat di css secara realtime. bisa pas deh.

Caranya mudah banget. kamu cuma harus arahin cursor kamu ke tempat yang kamu edit klik kanan>inspect. nanti bakal nongol jendela baru yang mampilkan css sama html nya.

cara mudah ngedit template


Nah biasanya aku ngeditnya dibagian ini

cara mudah ngedit template

Mau ditambahin Border-radius kek, mau ganti warna background kek, langsung aja dari situ, soalnya tampilan nya bakal langsung berubah. kamu cuma butuh pinter pinter aja buat ngepasin sesuai selera.

Nah selesai mengedit disana jangan langsung berbangga diri dulu. soalnya tampilan yang kamu ubah disana belum tersimpan permanen. itu cuma ilusi. gimana caranya buat mewujudkan ilusi itu? tinggal copy dulu nama css nya. seperti diatas aku copy dulu .blog-posts .post-outer .post dan langsung berlari ke dasboars blogger>Tema>Edit HTML.

Biar mempermudah pencarian kodenya pencet Ctrl + F di dalam edit html lalu pastekan nama css yang sudah kamu salin barusan. setelah itu tinggal enter, nanti bakal diarahin ke nama css yang sudah kamu cari kaya gini

cara mudah ngedit template

Salin aja langsung kode css yang sudah kamu edit dan paste kan ke dalam sonoh. lalu simpan. nah ilusi nya jadi kenyaataan brey. selamat kamu hebat.

Gimana? enak banget kan ngeditnya, nggak harus bolak balik dari dasboard blogger, save, baru liat ditampilan blog. ribet. apalagi kalo letaknya nggak pas pas. bikin pusing. sekarang sudah enak dan luwes banget hiyahahah jadi bisa ngedit sendiri kan. jadi jangan minta minta template blog orang ya. kalo beli sih boleh wkwkw tergantung orang itu mau jual apa nggak.

Aku juga mau berterima kasih kepada Mbak Rain, karna kebanyakan fitur yang ada blog Tatangga, berasal dari tutorial yang sangat keren dari blog nya Igniel.


BERIKUTNYA
« Prev Post
SEBELUMNYA
Next Post »

Subscribe Our Newsletter

Curhatan Lainnya

Dicinih komennya
Ditunggu lohh

69 Cacian untuk "Aku Pas Ngedit Template Blog Tatangga"

  1. Sama hu saya juga belajar dari inspek elemen doang wkwk

    BalasHapus
  2. Peninggi lehernya KAKAAACCKKK!!!

    BalasHapus
  3. bagus template nya
    tetap berkarya yah

    BalasHapus
  4. Curhatan yang enak dibaca,,,btw template nya bagus banget,,belajar terus bang biar bisa bikin template

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kang, tapi kayaknya aku bakal belajar nulis aja. tujuan utama blog ini buat dijadiin buku

      Hapus
  5. Apa daya, q ga ngerti html ato sahabat"nya itu, terpaksa template bawaan lagi... Ngenes 😯

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ajarin mba sini hehe

      Hapus
    2. Gapapa mbak. Yang penting itu isi kontennya sih. Aku lagi berusaha bikin tulisan yang konsisten mulai dari sekarang. Harus nerbitin buku pokonya wkwk

      Hapus
  6. btw ada sesuatu saat halaman loading, pojok kiri atas ada kelebihan tulisan "-->" mungkin bisa dihapus bagian header edit html nya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas, memang ada itunya. Aku udah nyari kesana kemari tapi nggak ketemu ketemu. Daripada prustasi aku biarin aja jadinya

      Hapus

  7. Tampilan blognya keren banget lho, beda sama template ku kolom.komentarnya acak adul gitu? Mahu di bikin kayak punyaknya teman ribet harus pelajari kode CSS lah? Kode https lah? Kode http lah? Dan lain sebagainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah makasih banyak ya mbak. Memang memusingkan sih kalo mau memahami css. Aneh aneh soalnya.

      Btw http bukan kode nya loh itu sejenis apagitu. Ah lupa 🤣

      Hapus

    2. Cara buat kolom jadi repply itu bagaimana ya mas , sudah mencoba tadi tapi kok malah eror mohon bantuannya terima kasih

      Hapus
    3. Aku kurang ngeh nih, kolom reply yang mana ya? Balas komentar?

      Hapus

    4. Kalau tak bisa bantu bilang ja tak bisa, beres tha? Tar ku coba sendiri tanpa perlu bantuan siapapun, dan tolong ya? Kamu hapus aja semua komenku di blogmu terima kasih.

      Hapus
  8. aku hanya bisa melihat.... :')

    sampe sekarang aku belom nemu template yang bisa menggambarkan blogku,,, kayak template khasku gitu..

    sedih,,,

    tapi yaaa untuk template sekarang, masih enjoy-enjoy aja... template gratisan yang agak diedit" dikit...

    aku dulu juga gitu, liat template bagusan dikit langsung donlot-pasang.

    dan akhirnya aku sadar, kebanyakan blogger referensiku punya template khasnya,, dan aku pengen gitu,,, tapi belom tau mau custom dimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo blog aku ini gimana. Berciri khasnya gak? 🤣🤣🤣

      Hapus
    2. udah keren bet lahhh... templatenya udah nyaman banget... dikatain ciri khas boleee la....

      pokoknya mantablah templatenya....

      Hapus
    3. Sip makasih reviewnya wkwkw

      Hapus
  9. Keren banget, kalo boleh tau, ngedit fotonya pake apa

    BalasHapus
  10. Breadcrumbs nya ilang om😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kok kak breadcrumb nya tapi aku make yang versi Json-ld. Jadi nggan nampilin visual. Risih soalnya kwkw

      Hapus
  11. Sangat berfaedah sekali nak. Tapi tetep, kalo suruh edit-edit, gw suruh adek gw. Gw tinggal nyuruh doang. Kalo dia gak mau, ancem aja uang saku gak turun. Beres.


    HAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini nih iniiii!!! Kaka kaka durhaka

      Hapus
  12. Permisi numpang nanya, edit mode gelap gimana ya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.hartomy.com/2019/12/cara-membuat-dark-mode-keren-di-semua.html

      Tuh kak

      Hapus
    2. Maaf nanya lagi, cara masang jQuery nya gimana ya

      Hapus
    3. Kalo soal itu maap ya aku kurang tau, karna perasaan aku gapernah ngotak atik jQuerynya

      Hapus
  13. Bagus tuh templatenya... Saya nggak bisa edit template malah..😊😊

    Template yang saya pakai itupun dkasih sama janda sebelah... Lalu saya edit asal2..😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak mas.

      Gapapa mah itu, kan blognya mas udah punya pengunjung setia 🤣

      Hapus
  14. Jadi jauh lebih keren yang sekarang ya, mas, daripada template aslinya dulu. Aku jadi pengen ikut ganti template biar keren deh.

    Tapi aku pusing kalau urusan sama ngutak-atik template. Sepertinya kalau ada uang berlebih bakal bayar orang buat masang template aja deh biar gak ribet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Template nya mbak udah bagus loh padahal. Minimalis. Dan tentunya bikin postingan mbak enak dibaca tulisannya. Rapi dan sexy.

      Tapi kalo memang mau ganti jadi lebih berkarakter lagi, bagus banget malah. Di grub banyak kok yang hebat bikin template. Sayangnya aku nggak bisa :(

      Hapus
  15. Biar tampilan artikel bisa kotak dan baris gimana itu gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku gabisa ngasih turorial. Aku juga liat turorial orang. Postingan ini juga sebenarnya cuma trik doang 🤣
      Kalo kamu mau belajar tentang cara bikin ini bikin itu. Kunjungi blog blog super ini aja

      www.jagoandzgn.com
      www.tukangredesign.com

      Mereka menyajikan tutorial tentang blogger. Akupun belajar dari blog mereka
      Punten

      Hapus
    2. Makasih infonya gan... Kalo nambah PNG di bawah header itu gimana ya? Sama tempat judul agan bagus banget... Boleh tutornya

      Hapus
  16. Mantep banget suhu ku yang satu ini 🤭.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu juga manteb suhu. Best deh 😘🙈

      Hapus
  17. bang, mau tanya

    untuk memberi jarak atau batas pinggir post itu make mana
    .blog-posts .post-outer .post ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu di bagian .post tambahin margin

      Hapus
  18. anjir, auto-bookmark sih ini post! saya pelajarin dulu dah kalo bingung baru nanyak wahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyak. Silahken, nanyanya via kontak yak. Biar email ku berasa berguna

      Hapus
  19. Mau belajar edit template juga, tapi... belum tau mulai dari mana dulu, wkwk
    Kasih tau dong, harus mulai dari mana dulu biar aku belajar juga, masih dangkal banget ilmu css dan kawan kawannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mulai aja dulu pahamin css. Margin itu apa. Padding itu apa. Soalnya ngubah ngubah nya pake itu~

      Hapus
  20. Ngakak njir,pas buka komen, silakan caciannya, 55 cacian for this post 🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya juga blog personal kak. Maklum hiyahaha

      Hapus
  21. Wah, ilmu baru nih buat saya yang gagap edit-edit template.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah. Senang bisa bermanfaat buat kamu. Semangat

      Hapus
  22. Wah say juga pake tuh template dari igniel. Mau ngedit2 lagi supaya sedikit berbeda tapi males banget liat kode htmlnya bikin pusing. Tapi terima kasih ya infonya, mungkin nanti akan saya coba :>

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga dulu pusing banget memahami. Walau sekarang udah mendingan. Impianku bisa berkreasi sesuka hati sama template sendiri. Meliat dia tumbuh dengan cantik dan menyenangkan semua orang. Walau sekarang masih suka liat tutorial kalo mau ngapa ngapain wkw

      Hapus
  23. awal awal dulu aku juga cukup sering ganti-ganti, pelan pelan belajar soal css, terakhir kali setahunan lalu coba ubah theme dan utek utek widget juga, ngeliat di yutub

    BalasHapus
  24. Gan mau nanya dong, bikin yang tampilan paling atas di home gimana gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. 🙏🏻🙏🏻🙏🏻

      Hapus
    2. apaan dah. header yang alay itu? ngedit di adobe ilustrator kak

      Hapus
  25. Wah pengen banget bang rasanya bisa edit edit template, tapi saya masih banyak belum fahamnya.

    BalasHapus

Kalo kamu liat tulisan ini, berarti ada hasrat mau mengomentari postingannya ya, jujur komentarmu sangat berarti buat hati aku loh. ihiw

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel